25/01/10

Software Laboratorium Multimedia - DAK SMP 2010



Laboratorium Multi Function Education - Mobile/ bergerak dengan sistem software E-Learning Class V6 - 2008 versi Wireless. ( Sistem ini telah digunakan Intel Corp. dalam program “ Intel Education di Dunia “ ) .

FITUR SOFTWARE MASTER

1. Net Movie - support DVD, VCD, ALL
Fungsi pengajaran multimedia seperti file-file video, dimana PC Master dapat menayangkan file multimedia seperti DVD, VCD, MPEG2/ 3/ 4, Quick Time, AVI, RM, ASF, WMVdan semua file multimedia lainnya. Terdapat fungsi Suspend yang membantu guru untuk memblok materi yang hanya diajarkan dalam sebuah keping CD/ DVD. Inilah fungsi pengajaran dalam bahasa yaitu Repeating/ pengulangan.

2. Screen Broadcast
Menyampaikan layar dan suara PC Guru ke PC Siswa.

3. Screen Broadcast full screen and window mode
Guru dapat menyampaikan layar PC ke siswa, baik dalam pilihan mode layar penuh maupun mode window ( layar guru tampil tidak penuh di layar PC Siswa) .

4. Group Management
Fungsi ini digunakan untuk membagi siswa-siswa yang sedang aktif dalam Class Model kedalam beberapa pasangan/ kelompok dan menunjuk anggota aktif dan pasif untuk melaksanakan fungsi Group Chat dan Group Teaching. Group management dapat menghapus dan rename group. Menambah dan menghapus anggota kelompok.
Group management dapat menghapus dan rename group. Menambah dan menghapus anggota kelompok.
Group Information disimpan secara permanent bersama dengan Class Model. Pelajaran berikutnya dapat menggunakan kelompok yang telah disimpan sebelumnya.

5. Group Teaching
Fungsi ini paling populer dalam sistem ini, dimana Guru dapat membagi siswa-siswa dalam beberapa kelompok-kelompok, sehingga membentuk pembelajaran secara berpasangan dan pembelajaran kooperatif. Setiap kelompok memiliki satu anggota aktif dan satu atau beberapa anggota pasif. Anggota-anggota aktif dapat menggunakan beberapa fungsi seperti halnya Guru, seperti: pengajaran Boradcast, Voice teaching, Voice Chat, Monitor, Remote control, Remote setting, File Distribution, Remote Command, dan bahkan NET MOVIE.

6. Group Chat
Melalui fungsi Group Chat, setiap kelompok yang dibentuk dalam Group Management dapat bercakap-cakap dalam kelompoknya, dan guru dapat ikut bergabung dalam kelompok tersebut.

7. Monitor and Control
Monitor Students - Fungsi ini digunakan Guru untuk memonitor aktivitas desktop siswa-siswa.
Control - Fungsi ini digunakan Guru juga dapat mengendalikan PC Siswa tertentu atau mengendalikan PC Siswa secara bersama-sama.

8. Quiz Maker
Fungsi ini membantu Guru untuk membuat dan memperbaiki Soal-soal ujian. Soal-soal ujian yang dibuat bisa dalam bentuk pertanyaan Pilihan Ganda, Jawaban Tunggal, Alternatif, pertanyaan dengan jawaban penjabaran/ essay.

9. Screen Recording and Playback
Recording in ASF File - Fungsi ini digunakan untuk merekam pengoperasian desktop/ layar PC baik visual dan suara kedalam file ASF, dan dapat diputar kembali untuk direview/ ditayangkan dengan menggunakan Window Media Player.
Quality screen recording - pengguna dapat memilih kualitas rekaman dalam program antara kesesuaian besaran file dan kualitas rekaman sesuai dengan kebutuhan.
Record Voice - rekaman dapat menyertakan suara maupun tidak.
Red flash point - proses perekaman lebih intuitive.

10. Voice Broadcast
Fungsi ini menggunakan penyampaian komunikasi audio/ suara untuk berhubungan dengan siswa melalui microphone, headphone, dan speaker ruangan.

11. Voice Chat
Fungsi Voice Chat memungkinkan guru berbicara secara pribadi dengan seorang siswa sehingga siswa-siswa lainnya tidak dapat mendengar.

12. File Distribution
Dapat mengirim secara simultan sebuah file atau directory ke berbagai siswa.

13. Remote Message
Dengan fungsi ini, guru dapat mengirim pesan teks ke siswa dan menerima kembali pesan-pesan dari siswa.

14. Electronic roll call
Memeriksa kehadiran siswa

15. Check Power Status
Untuk memeriksa status daya battery, listrik laptop siswa.

16. Class Model Management
Kelas model digunakan untuk menunjukkan semua siswa yang bergabung dalam kelas. Di kelas model ini guru dapat membuat kelas baru, mengedit dan menghapus kelas yang ada, mengekspor daftar anggota suatu Model Kelas kedalam file teks, dan menyimpannya ke file lainnya.

17. dll


FITUR STUDENT CONSOLE

1. Join a Class
Siswa dengan mudah mengikuti kelas yang diinginkan.

2. Student Register
Setelah terhubung dengan Guru, guru dapat melakukan proses pendaftaran/ kehadiran siswa.

3. Message - send message to teacher
Selama kelas berlangsung, siswa dapat berkomunikasi dengan guru melalui pengiriman pesan-pesan teks.

4. File Submitting
Dengan fungsi ini siswa dapat mengirim file/ tugas-tugas ke PC guru.

5. Request Help
Selama kelas berlangsung, siswa dapat meminta pertolongan dari guru ketika mengalami masalah dengan memanfaatkan fungsi ini dengan mengetik pertanyaan yang diajukan.

6. Quiz
Selama kelas berlangsung, siswa dapat berpartisipasi dalam mengikuti quiz/ test yang dikirim oleh guru.

7. Student Toolbar
Toolbar siswa yang berisi fungsi-fungsi di sisi siswa akan tampil diatas layar PC siswa.

Tidak ada komentar: